NCP - MATERI PERTEMUAN 1 (NETWORK CENTRIC PRINCIPLES)

Nama          : I Gede Ary Suta Sanjaya
Nim             : 1605551006
Prodi           : Teknologi Informasi
Fakultas      : Teknik
Universitas  : Udayana
Matakuliah  : Network Centric Principles
Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.


Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai Network Centric Principles berdasarkan pemahaman saya


Pendahuluan

Saat ini, perkembangan teknologi sudah berkembang sangat pesat. Komunikasi dapat dilakukan melalui perangkat satu dengan perangkat lainnya dengan jarak yang jauh sekalipun. Adapun komunikasi tersebut dapat dilakukan karena adanya jaringan komputer. Teknologi jaringan komputer-pun juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Namun, prinsip dasar dari jaringan komputer tetaplah sama, yakni menyediakan data, informasi, konten, dan komunikasi yang menjadi satu kesatuan, yang dapat disebut dengan Network Centrik Principles.

Network centric principles menurut saya merupakan matakuliah yang mempelajari prinsip-prinsip sentris dari jaringan komputer. Sumber lain yang juga mengatakan bahwa network centric prinsiples berarti suatu prinsip yang berbasis jaringan yang dimana pada suatu jaringan tersebut akan bekerja secara terpusat dalam bidang tertentu yang meliputi infrastuktur, system, proses dan pengguna. 


5 Layer pada Network Centric Principles

Network Centric Principles menekankan pada pemahaman mengenai 5 layer  dari jaringan komputer dasar seperi OSI layer maupu TCP/IP layer, layer pada Network Centric Principles semakin kebawah maka lingkup bahasannya lebih kearah teknis dan semakin keatas maka lebih ke arah yang bersifat abstrak. Adapun, lapisan layer pada Network Centric Principles adalah sebagai berikut:






Fifth Layer → Capabilities (memberdayakan semua lapisan di bawahnya): Blue Force Tracking, Time Critical Targeting, Battlefield Resupply and Replenishment, Paperless Contracting.

Fourth Layer → Applications (pengembangan software/business application): Medical, Business Applications, Global Combat Support System (GCSS).

Third Layer → Computing (resource komputasi, software, hardware): Messaging, Collaboration, Storage, Discovery, Mediation.

Second Layer → Communications (komunikasi): Teleports, TCS, GIG-BE, RF Nets, Wireless Communications, Commercial Fiber.

First Layer → Foundation (defnisi, petunjuk): Governance, Spectrum, Doctrine, Policy, Architecture, Engineering, Standards.


Manfaat Network Centric Principles

Saat ini konsep Network Centric Principles sudah banyak diterapkan pada bidang bisnis, kesehatan, pendidikan, dan militer. Fokus utama dari Network Centric Principles adalah mengatur bagaimana sistem dalam jaringan komputer / internet secara umum dapat dijalankan secara aman dan membuat penggunanya menjadi senyaman mungkin. Selain itu, Network Centric Principles juga diterapkan pada bidang keamanan, yang manfaatnya adalah sebagai berikut.
Data mudah diperoleh oleh pengguna melalui aplikasi, platform, perangkat, sesuai hak akses (Visible).
Data mudah diakses kapanpun dan dimanapun (Accessible).
Data dapat dikelola (Manageable).
Data mudah dipahami, tidak ambigu (Understandable).
Data dari sumber terpercaya (Trustworthy).
Memiliki interoperabilitas tinggi (platform, aplikasi, OS).
Sesuai dengan kebutuhan pengguna (corresponding).


Referensi

[1] I Putu Agus Eka Pratama. "Network Centric Principles Pertemuan ke-1". 2019.

Previous
Next Post »