Contoh Media Sosial beserta Penjelasan Singkatnya



Seperti yang saya bahas sebelumnya, media sosial sudah merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Sebagai contoh, kita lihat orang-orang yang menggunakan smartphone, pasti saja beragam sosial media ada pada smartphone tersebut. Namun, kebutuhan media sosial setiap orang pasti saja berbeda. Kali ini saya akan mengulas secara singkat beberapa media sosial yang umum digunakan oleh setiap orang.


LINE
LINE merupakan media sosial berupa aplikasi chatting yang sangat digemari setiap orang.  LINE dapat digunakan pada smartphone bahkan komputer. LINE awalnya dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android.Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalu pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows. Selain sebagai media chatting, beberapa fitur yang ditawarkan LINE yaitu :

  • Free Call : Merupakan fitur yang ditawarkan LINE dimana kita dapat melakukan          panggilan dengan internet jika terjangkau jaringan 3G atau melalui jaringan WIFI 
  • Kartu Line : Merupakan fitur yang dapat memberikan kartu ucapan. Dengan memilih       kartu yang kalian inginkan dan masukan pesan pribadi ke teman , keluarga dan orang yang kalian sayangi
  • Sticker : Merupakan fitur inovatif dan sangat menarik yang terdapat pada LINE, karena   selain emoji dan emoticon, di Line kita juga bisa bertukar sticker lucu-lucu dengan teman chat kita sehingga kita bisa menambah koleksi stiker di galeri Line kita
  • ID : Merupakan fitur dimana setiap pengguna Line diberi kebebasan untuk membuat “ID” nya sendiri, sangat menarik karena kita bisa menentukan “ID” sesuai tren, dimana pada aplikasi sosmed chatting lainnya, ID berupa “PIN” tidak dapat kita tentukan sendiri.
  • Wallpaper : Merupakan fitur yang dapat mengubah wallpaper di dinding chat sesuai            selera.
  • Video Call : Merupakan fitur pada LINE yang sama seperti free call, namun menariknya kita melakukan panggilan berupa video dimana kita dapat melihat lawan bicara dengan menggunakan kamera depan pada smartphone 

Facebook
Facebook juga digemari oleh kalangan masyarakat. Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif,[8] lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.. Adapun fitur-fitur yang ditawarkan Facebook :
  • Message : Merupakan fitur untuk mengirim pesan ke pengguna facebook lainnya
  • Video : Merupakan fitur untuk mengupload video yang kita inginkan
  • Friends : Merupakan fitur untuk menambah teman anda di Facebook
  • Update Status : Merupakan fitur untuk menuliskan segala macam uneg-uneg yang ada  dalam perasaan Anda.
  • Chat : untuk saling berbicara dengan pengguna Facebook lain melalui tulisan secara  langsung dan real time.
  • Photos : Merupakan Fitur untuk meng-upload foto-foto Anda; ruang untuk memasang  foto
  • Applications : Merupakan fitur yang disediakan Facebook sebagai hiburan
  • Games : Merupakan fitur yang dapat dimainkan pada Facebook.

Instagram
Bagi kalangan muda, instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan. Insagram adalah sebuah media sosial dimana pengguna dapat mengunggah sekaligus mengedit foto dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Instagram didirikan oleh Kevin Systrom yang awalnya hanya mengembangkan aplikasi telpon genggam. Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Fitur-fitur umum yang ditawarkan instagram yaitu :

  • Follow (Pengikut) : Merupakan fitur dimana kita dapat menjadi mengikuti akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram. Dengan demikian komunikasi antara sesama pengguna Instagram sendiri dapat terjalin dengan memberikan tanda suka dan juga mengomentari foto-foto yang telah diunggah oleh pengguna lainnya.
  • Upload foto : Merupakan fitur dimana kita dapat mengunggah foto. Pada proses pengunggahan juga ditawari fitur-fitur seperti kamera, efek foto, judul foto, geotagging, dan jejaring sosial
  • Like : Merupakan fitur dimana kita dapat memberi tanda suka pada foto yang kita posting  sendiri ataupun foto yang diposting orang lain
  • Peraturan Instagram : Merupakan fitur pada Instagram sebagai aturan agar pengguna tidak mengunggah foto yang melanggar aturan tersebut.

Path
Path merupakan media sosial pada smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Dave Morin, salah satu dari pendiri Path dan CEO dari perusahaan tersebut berkata: “Yang menjadi visi utama kami adalah untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan menjadikan pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu. Beberapa fitur utama  yang ditawarkan Path :

  • Profil : Merupakan fitur yang memungkinkan pengguna Path untuk mengatur tampilan  dari halaman Path.Selain dapat mengubah gambar yang menjadi gambar profil, pengguna  juga dapat mengubah gambar dari latar belakang halaman Path pengguna.
  • Mengunggah Foto dan Video : Fitur lain dari Path adalah foto dan video di mana              pengguna dapat mengunggah foto dan juga video untuk berbagi dengan pengguna lain
  • Mengunggah Lokasi : Path memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasi berada dengan pengguna lain. Penandaan lokasi dilakukan dengan GPS yang terdapat di dalam telepon seluler pengguna dan mengakses data dari lokasi yang tersedia melalui Foursquare.
  • Musik, Film, Buku : Pengguna Path dapat membagikan musik yang sedang mereka           dengar, film yang sedang ditonton, atau buku yang sedang dibaca oleh pengguna sendiri kepada pengguna lainnya.Data dari musik, film, dan buku dapat diambil dari arsip Path sendiri.
  • Mengunggah Status : Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah status yang diinginkan dengan menggunakan huruf serta emoticon yang ada. Komentar : Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah komentar untuk setiap momen dari pengguna lain yang telah menjadi teman.

Twitter
Twitter merupakan media sosial yang sempat booming di kalangan muda. Namun begitu, saat ini twitter masih ramai akan penggunanya. Twitter adlaah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari internet". Adapun fitur umum yang ditawarkan Twitter :

  • Tweet : Merupakan fitur dimana pengguna dapat berkicau (seperti membuat status) yang dapat dibaca oleh pengguna lain yang memfollow akun tersebut.
  • Retweet : Fitur ini bisa digunakan untuk membalas twit yang disampaikan oleh pengguna lain serta digunakan untuk menyampaikan ulang pesan yang terdapat pada halaman kita. 
  • Favorit (Fav) : Fitur ini dapat digunakan bila pengguna menyukai satu atau beberapa twit yang ditampilkan pada halaman utama pengguna. 
  • Follow : Fitur ini merupakan salah satu fitur utama dari jejaring sosial Twitter. Untuk menambah teman para pengguna, maka pengguna harus menggunakan fitur ini.
  • Unfollow : Fitur ini merupakan kebalikan dari fitur sebelumnya. yaitu untuk tidak mengikuti pengguna yang sebelumnya telah diikuti oleh pengguna.

Referensi : www.wikipedia.org
                  http://www.hermantolle.com/class/2013/09/sosial-media-line-dan-perkembangannya/
                  http://nurrahmanp.blogspot.co.id/2012/10/facebook_15.html
                  http://serbaada02.blogspot.co.id/2012/10/fitur-dan-aplikasi-pada-twitter.html
Previous
Next Post »