NCP - MATERI PERTEMUAN 9 (Content Delivery / Distributed Network)

Nama          : I Gede Ary Suta Sanjaya
Nim             : 1605551006
Prodi           : Teknologi Informasi
Fakultas      : Teknik
Universitas  : Udayana
Matakuliah  : Network Centric Principles
Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.

Pada artikel ini, saya akan membahas mengenai salah satu materi Network Centric Principles, yaitu Content Delivery / Distributed Network (CDN)

DEFINISI CDN

Content Delivery / Distributed Network (CDN) merupakan kumpulan dari server global yang terletak dari di beberapa data center dan tersebar di berbagai negara. Jaringan ini mendistribusikan konten yang ada dalam sebuah website ke berbagai pengguna. 


Sebuah website yang diakses secara online tentunya memiliki server pusat yang menyimpan seluruh data website tersebut. Ketika seseorang mengakses atau menggunakan layanan berbasis web tersebut, maka komputer akan mengirim request http ke pusat server meminta data untuk ditampilkan. Setelah itu, server akan memproses permintaan itu dan mengirimkan data yang diminta komputer pengakses. Data ini bisa berupa halaman website, video, gambar dan sebagainya. Sebagian besar layanan web menggunakan CDN menjadi populer dalam sektor-sektor berikut.
1. Layanan web hosting
2. E-Commerce / Mobile Commerce 
3. Media dan Entertainment
4. Game Online
5. Layanan kesehatan
6. Website Pemerintahan
7. Website Perguruan Tinggi

Selain itu CDN dapat membantu dalam mengenai masalah TI seperti berikut.
1. Meningkatkan kecepatan pemuatan halaman
2. Menangani beban lalu lintas tinggi
3. Memblokir spammer, dan bot
4. Mengurangi konsumsi bandwidth
5. Load Balancing diantara server

6. Memproteksi website dari serangan DDoS

MANFAAT CDN

Beberapa manfaat yang dirasakan dengan adanya teknologi CDN bagi kita adalah sebagai berikut.
1. CDN sangat bagus untuk website yang memiliki banyak pengunjung.
2. CDN memastikan halaman website dapat tampil dengan baik di seluruh dunia.

3. Dengan menekan jumlah request (permintaan data) ke server, CDN mampu meminimalisir penggunaan resource hosting Anda (disk space/bandwidth, dll)

CARA KERJA CDN

CDN ialah jaringan server yang terhubung bersama-sama dengna tujuan mendistribusika konten dengan cepat, handal, dan seaman mungkin dengan memanfaatkan teknologi cache. Website yang menggunakan layanan CDN pasti mendapatkan NameServer yang sudah disediakan oleh CDN. Pada saat kunjungan pertama pengguna melakukan permintaan akses ke layanan berbasis web. CDN akan mengunduhkan beberapa konten untuk di-cache ke dalam server CDN dan kemudian dikirimkan ke pengguna. 


Kunjungan pertama pengguna memang membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan kunjungan kedua dan setelahnya. Saat kunjungan kedua pengguna akan mengambil konten yang sudah di-cache oleh CDN sehingga hosting tidak perlu memberikan seluruh konten karena tinggal melengkapinya saja. Proses ini juga akan menyingkat pengiriman dikarenakan akan mengambil file dari server yang paling dekat dengan pengguna.

Referensi

[1] I Putu Agus Eka Pratama. "Network Centric Principles Pertemuan ke-9". 2019.
Previous
Next Post »