NCP - MATERI PERTEMUAN 6 (Information Centric Network)

Nama          : I Gede Ary Suta Sanjaya
Nim             : 1605551006
Prodi           : Teknologi Informasi
Fakultas      : Teknik
Universitas  : Udayana
Matakuliah  : Network Centric Principles
Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.


Pada artikel ini, saya akan membahas mengenai salah satu materi Network Centric Principles, yaitu Information Centric Principles

Introduction

Informasi merupakan hal yang penting pada segala bidang. Perkembangan internet di masa kini memudahkan manusia dalam melakukan pertukaran informasi. Internet saat ini penuh dengan konten, data, dan informasi, dari berbagai layanan didalamnya, Jaringan memuat banyak informasi dimana memerlukan suatu konsep/ paradigma yang berorientasi kepada informasi, sehingga sistem tersebut dapat disalurkan dengan lebih baik.

Melalui pertimbangan tersebut, perlu adanya sebuah sistem untuk menjadikan jaringan berorientasikan kepada informasi yang disediakan untuk pengguna, yang lebih handal (reliable), lebih efsien. Solusi yang dapat dipertimbangkan berdasarkan latar belakang tersebut adalah ICN (Information Centric Network) atau yang diartikan sebagai jaringan yang berpusat pada informasi. ICN merupakan suatu pendekatan untuk mengevolusikan infrastruktur internet dari paradigma berbasis host berdasarkan konektivitas abadi dan prinsip end-to-end, ke arsitektur jaringan dimana titik fokusnya adalan “named information” (konten dan data).

Konsep ICN






ICN memisahkan data atau informasi secara independen berdasarkan lokasi, aplikasi, dan storage, dimana hasil yang diperoleh adalah skalabilitas yang lebih baik dan dikarenakan tidak ada ketergantungan pada salah satu host maka keamanan data akan lebih terjaga. ICN akan bertugas sebagai sistem yang nantinya dapat menjadikan jaringan internet berorientasikan kepada konten, data, dan informasi yang disediakan oleh layanan yang akan diberikan untuk pengguna akan lebih reliable serta layanan akan menjadi lebih efisien.

Ketika penguna ingin memperoleh informasi dalam suatu jaringan internet, seharusnya pengguna mendapatkan informasi ataupun konten yang diinginkannya dari penyedia layanan yang terpercaya. Sehingga, ISP (Internet service provider), koneksi internet, keamanan jaringan serta penamaan seperti DNS harus terpercaya agar pengguna mendapatkan semua kenyamaan, keamanan dan privasi dalam mengakses informasi di suatu jaringan internet.



Referensi


[1] I Putu Agus Eka Pratama. "Network Centric Principles Pertemuan ke-6". 2019.
Previous
Next Post »