Tugas Pengantar Sistem Teknologi Informasi - Sistem Operasi Linux

A. Instalasi Sistem Operasi Linux

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk menginstall sistem operasi Linux sehingga sistem operasi yang digunakan bersifat dual boot (menggunakan 2 sistem operasi). Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara menginstall, pertama-tama siapkan dahulu laptop dan bootable berupa flashdisk yang sudah berisi file Linux yang sudah terkompress.
Berikut langkah-langkah penginstalan Linux yang telah saya pelajari :

1. Partisi memori

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mempartisi (membagi) memori yang nantinya akan digunakan sebagai memori pada sistem operasi Linux. Klik kanan pada "My Computer" lalu pilih manage, maka akan muncul gambar sebagai berikut :



Setelah itu, klik "disk management" pada storage dan akan muncul tampilan sebagai berikut :



Klik kanan pada memori yang akan anda bagi (saya memilih data D) lalu pilih "Shrink volume" dan akan muncul tampilan sebagai berikut :



Masukan nilai memori yang akan anda bagi. Disini saya memasukkan nilai sebesar 50000 mb (50gb) untuk antisipasi apabila suatu saat nanti saya akan menyimpan data dengan memori yang cukup banyak pada sistem operasi Linux. Lalu klik "Shrink" dan akan muncul memori partisi di sebelah data D pada tampilan computer management (mohon maaf tidak ada gambar karena saya lupa screenshot).

2. Memulai penginstalan Linux

Setelah anda selesai mempartisi memori, langkah selanjutnya adalah memulai penginstalan sistem operasi Linux. Pertama, colokkan flasdisk yang merupakan bootable device pada laptop. Lalu, restart laptop anda untuk masuk ke sistem bios (Untuk laptop ASUS A456U yang saya gunakan, pada saat restart, tekan F2 pada saat tampilan tulisan ASUS keluar). Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :



Pilih opsi "Boot", sehingga akan muncul tampilan seperti ini :



Pada Boot Configuration, ubah opsi pada Launch CSM menjadi disabled. Lalu pada Boot Option Priorities, pindahkan boot flashdisk ke urutan paling atas.



Setelah itu save dan exit

Setelah itu, laptop akan restart dengan sendirinya. Kemudian, akan muncul tampilan sebagai berikut :



Pilih "install ubuntu", maka akan muncul tampilan sebagai berikut :



Pada tahap ini, anda sudah mulai masuk ke tahap instalasi Linux. Pada tampilan ini, pilih bahasa yang anda inginkan, lalu klik continue. Lalu akan muncul tampilan sebagai berikut :



Pada tahap ini, anda dihadapkan pilihan seperti pada gambar. Disini saya memilih "I don't want to connect a wifi network right now" karena memang pada saat saya menginstal tidak ada koneksi wifi yang dapat saya gunakan. Setelah itu klik continue, sehingga muncul tampilan berikut :



Pada tahap ini, centang pada pilihan "install third party software ... " lalu continue. Lalu akan muncul tampilan sebagai berikut :



Pada tahap ini, centang pada pilihan "something else", hal ini agar nanti kida dapat menggunakan memori pada memori partisi yang kita buat sebelumnya. Lalu akan muncul tampilan sebagai berikut:



Pada tahap ini, klik kiri pada tulisan "free space", lalu klik tanda tambah (+) di sebelah kiri. Setelah itu akan muncul tampilan "create partition". Pada tampilan ini, sesuaikan pilihan pada gambar seperti berikut :



*Pada kolom size, saya tulis 16000, karena RAM laptop saya 8000 mb (8gb). Dari sumber yang saya dapat, nilai yang dimasukan pada kolom size harus bernilai 2x dari memori RAM. Memori ini nantinya akan menjadi memori virtual dengan menggunakan harddisk sebagai medianya
Lalu klik "OK"

Setelah itu, lakukan lagi langkah sebelumnya yaitu klik kiri "free space" lalu klik simbol (+). Setelah muncul tampilan "create partition", sesuaikan pilihan seperti pada gambar berikut :



*Langkah ini dilakukan guna nantinya akan menjadi memori harddisk pada sistem operasi Linux ini
Lalu klik "OK". Setelah itu, klik "continue"
Setelah itu, akan muncul tampilan sebagai berikut :



Pada tahap ini, saya meng-klik wilayah Makassar yang merupakan wilayah tempat saya tinggal, yang menggunakan zona Waktu Indonesia Tengah (WITA). Lalu, klik "continue". Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :



Pada tahap ini, anda cukup memilih layout keyboard yang anda inginkan. Setelah itu, klik "continue". selanjutnya akan muncul tampilan data personal.



Pada data personal, anda cukup memasukkan data diri dan password untuk nantinya anda mengakses sistemoperasi Linux. Setelah itu klik "continue". Proses penginstalan pun dimulai.

Setelah Linux berhasil diinstall, akan muncul tampilan sebagai berikut :



Klik "restart now"

Tunggu beberapa saat. Apabila saat laptop hidup kembali muncul tampilan seperti gambar di bawah, maka Sistem Operasi Linux sukses diinstall pada partisi harddisk (bukan di Vmware).





B. Review Aplikasi pada Sistem Operasi Linux

Pada kesempatan ini, saya akan membahas beberapa mengenai aplikasi-aplikasi pada sistem operasi Linux. Aplikasi pada sistem operasi Linux sendiri memiliki kategori-kategori antara lain :

1. Kategori Perkantoran
2. Kategori Desain Grafis
4. Kategori Internet atau Web
3. Kategori Pemrograman
5. Kategori Pendidikan

Selain kategori di atas, terdapat juga aplikasi mengenai jaringan komputer. Kali ini, saya akan mereview salah satu aplikasi dari setiap kategori di atas.

1. Kategori Perkantoran : Libre Office



Libre Office merupakan sepaket aplikasi perkantoran, dimana fungsinya sama seperti aplikasi-aplikasi perkantoran pada windows yang kita kenal sebagai "microsoft office". Libre Office bersifat Free Software, yaitu dapat digunakan dengan bebas. Libre Office menggunakan format file yang bernama Open Document (ODF). Adapun beberapa fungsi dari Libre Office antara lain :

a. Dapat membuka serta menyimpan file dengan format file ODF
b. Menyimpan dokumen dalam format PDF
c. Dapat membuat presentasi seperti halnya presentasi pada Ms. PowerPoint
d. Memiliki aplikasi remote control untuk presentasi
e. Dapat membuka dokumen dengan format *docx (yang merupakan format dari file Ms. Word 2007 keatas)

Dan masih banyak lagi fungsi-fungsi pada Libre Office

website : https://www.libreoffice.org

2. Kategori Desain Grafis : Inkscape



Inkscape merupakan salah satu aplikasi dengan kategori desain grafis. Berdasarkan kategori tersebut, dapat diketahui bahwa Inkscape merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat gambar vektor atau mendesain suatu gambar. Inkscape juga merupakan aplikasi yang bersifat perangkat lunak bebas. Fungsi dari Inkscape yaitu dapat membuat serta mengedit suatu gambar.

website : https://inkscape.org

3. Kategori Internet atau Web : Mozilla Firefox



Seperti yang kita ketahui, Mozilla Firefox merupakan aplikasi berupa browser yang memungkinkan kita untuk menjelajah (browsing) ke dalam internet. Fungsi dari Mozilla Firefox yang utama adalah untuk browsing ke dalam internet.

website : https://www.mozilla.org/id

4. Kategori Pemrograman : Geany



Geany merupakan aplikasi pemrograman yang sederhana dan sangat ringan yang dikhususkan untuk beberapa jenis bahasa pemrograman, bahasa scripting, dan bahkan bahasa markup. Berdasarkan kategorinya, fungsi dari aplikasi Geany yaitu untuk membuat suatu program

website : https://www.geany.org

5. Kategori Pendidikan : DrGeo



DrGeo adalah sebuah aplikasi kategori pendidikan yang merupakan aplikasi geometri interaktif dimana aplikasi ini memungkinkan pengguna dengan mudah dan cepat membuat angka geometris, serta memanipulasi angka-angka ini dengan menghormati kendala-kendala geometris tersebut. Aplikasi ini bersifat open source (didistribusikan secara bebas). Fungsi dari aplikasi ini adalah membuat angka-angka geometris.

website : https://www.drgeo.eu

Selain kategori-kategori di atas, saya akan membahas beberapa aplikasi dengan kategori jaringan komputer. Berikut beberapa aplikasi kategori jaringan komputer yang akan saya bahas

1. Wireshark



Wireshark merupakan aplikasi penganalisa jaringan, yang meliputi berbagai hal mulai dari proses menangkap paket-paket data atau informasi yang terlintas dalam jaringan, dan dapat digunakan untuk memperoleh informasi penting yang disebut dengan sniffing. Adapun fungsi dari aplikasi wireshark :
a. Menganalisa jaringan
b. Menangkap informasi yang berlalu-lalang dalam jaringan
c. Penganalisaan informasi berupa sniffing
d. Mengetahui IP seseorang (melalui typingan room)
e. Menganalisa transmisi paket data dalam jaringan

website : https://www.wireshark.org

2. EtherApe



EtherApe merupakan aplikasi kategori jaringan komputer yang digunakan untuk memonitor aktivitas jaringan komputer. Fungsinya yaitu agar kita dapat mengetahui aktivitas jaringan yang sedang berjalan.

website : http://etherape.sourceforge.net

3. Ping



Ping merupakan program jaringan komputer yang dapat digunakan untuk memeriksa induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/IP). Fungsi dari program ini adalah dapat menguji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Pengujian dilakukan dengan cara mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.


Penutup

Pada proses penginstalasian sistem operasi Linux, saya tetap menggunakan sistem operasi Windows 10, sehingga terjadi dual booting, dimana dalam satu pc/ laptop terdapat dua sistem operasi yang dapat digunakan. Demikian tugas/ artikel ini saya buat. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan pada tugas/ artikel ini.

Terima Kasih
Previous
Next Post »